welcome

Selasa, 20 Januari 2015

contoh KERJA SAMA Multilateral, Internasional, Regional dan Bilateral

KERJASAMA MULTILATERAL
Kerja Sama Multilateral Indonesia dengan Negara Tetangga
            Kerja sama multilateral adalah bentuk kerja sama yang tidak hanya melibatkan dua negara, tetapi lebih dari dua Negara dalam suatu kawasan. Disebut apa jika kerja sama itu melibatkan dua negara? Indonesia juga menjalin kerja sama multilateral dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Contoh kerja sama tersebut antara lain:
a. Perjanjian pemeliharaan aktivitas keamanan lintas Negara antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina pada tanggal 7 Mei 2002. Melalui kesepakatan tersebut diharapkan ketiga negara dapat saling bekerja sama dan berkoordinasi dalam menghadapi masalah-masalah lintas negara yang akan mengganggu keamanan dalam negeri masing-masing.
b. Kerja sama kebudayaan antara Indonesia, Malaysia, dan Brunei yang masih dalam satu rumpun bahasa. Misalnya dengan program Titian Muhibah.
c. Kerja sama penanganan masalah terorisme dan kejahatan lintas negara antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Misalnya, dengan melibatkan kepolisan ketiga negara tersebut.
d. Pembentukan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippine East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) pada tahun 1994.
Jadi, kerja sama multilateral Indonesia dengan Negara tetangga meliputi bidang politik, keamanan, dan kebudayaan.
Kerja Sama Multilateral Luar Negara
a. IMF (International Monetary Fund) atau Dana Moneter Internasional
            didirikan pada tanggal 27 September 1945 dan berkedudukan di Amerika Serikat.  IMF memiliki tujuan untuk memajukan kerja sama internasional di bidang ekonomi, keuangan dan perdagangan. Indonesia menjadi anggota IMF pada tahun 1954, namun pada tahun 1963 keluar karena kasus penggayangan Nekolim (Neokolonialisme). Indonesia masuk menjadi anggota IMF kembali pada tahun 1966. Orang Indonesia yang pernah menduduki jabatan di IMF adalah Prof.Dr.Aliwardhana. Tujuan IMF antara lain:
- memajukan kerja sama moneter internasional dengan jalan mendirikan lembaga (IMF),
- memperluas perdagangan dan investasi dunia,
- mengurangi dan membatasi praktik-praktik pembatasan terhadap pembayaran internasional,
- memperpendek dan memperkecil besarnya defisit atau surplus neraca pembayaran.
b. IBRD (International Bank for Reconstruction and Development) atau Bank Dunia (World Bank)
            disebut World Bank (Bank Dunia) dibentuk berdasarkan perjanjian Bretton Woods pada bulan Desember 1945 dan berkedudukan di Washington DC, Amerika Serikat. Organisasi ini bergerak dalam bidang perbankan untuk pembangunan dan kemajuan negara-negara berkembang. Tujuannya adalah memberikan bantuan jangka panjang maupun jangka pendek kepada negara-negara yang sedang membangun. Tujuan IBRD antara lain sebagai berikut :
1. Memberikan bantuan kredit jangka panjang dan jangka pendek kepada negara-negara yang sedang berkembang.
2. Memberikan bantuan teknik Cuma-Cuma kepada negara-negara di dunia.
c. ITO (International Trade Organization) atau WTO (World Trade Organization)
            dibentuk pada tanggal 15 April 1994. Organisasi ini memiliki peran untuk mengelola serta memelihara kesepakatan perdagangan bebas, mengawasi berbagai praktik perdagangan dunia, serta menyelesaikan sengketa perdagangan diantara negara-negara anggota.
d. GATT (General Egreement on Tariff and Trade)
            organisasi internasional yang melakukan persetujuan tentang tarif dan perdagangan internasional. GATT dibentuk pada tahun 1947 atas dasar perjanjian di Jenewa, Swiss dengan maksud mengurangi atau menghilangkantarif dan bea cukai tinggi yang menghambat ekspor impor antarnegara. Indonesia menjadi anggota GATT pada tahun 1950. Tujuan GATT adalah sebagai berikut :
1. Menghilangkan atau mengurangi hambatan-hambatan yang timbul dalam perdagangan internasional yang disebabkan oleh pengenaan tarif (bea cukai) atas barang-barang ekspor impor yang terlalu tinggi.
2. Berusaha menurunkan dan menstabilkan tarif (bea cukai) atas berbagai jenis barang untuk memperlancar perdagangan internasional.
e. ILO (International Labour Organization)
            organisasi buruh sedunia yang didirikan 11 April 1919. Organisasi ini berkedudukan di Jenewa, Swiss. Tujuan ILO adalah :
o   Mencapai perdamaian abadi dengan terciptanya keadilan sosial.
o   Meningkatkan perbaikan nasib kaum buruh dan keluarganya.
o   Meningkatkan stabilitas di bidang ekonomi dan sosial.
f. IFC (International Finance Corporation)
            didirikan pada tanggal 24 Juli 1956. Badan ini memberikan pinjaman kepada pengusaha swasta dan membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara sedang berkembang. Jadi, IFC bertugas memupuk perkembangan ekonomi di negara-negara anggota, melalui pemberian kredit jangka panjang kepada pengusaha swasta dan pemerintah tanpa jaminan.
g. UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development)
            perdagangan dan pembangunan didirikan dengan maksud mengusahakan kemajuan perdagangan dunia dan mengatur komoditi, hasil industri, pengalihan teknologi, perkapalan, dan lain-lain. Selain itu juga menyalurkan serta melancarkan perundingan internasional mengenai ekspor impor antara negara industry dengan negara yang sedang berkembang, atau sering disebut ‘Dialog Utara Selatan’.
h. IDA (International Development Association)
            didirikan tahun 1960 di Washington DC, Amerika Serikat. IDA bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi negaranegara yang sedang berkembang dan memberi pinjaman dengan syarat yang ringan.
i. FAO (Food and Agricultural Organization)
            organisasi pangan dan pertanian ini didirikan tanggal 16 Oktober 1945 yang berkedudukan di Roma, Italia.
Tujuan FAO adalah:
o   Memajukan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas bahan makanan di seluruh dunia.
o   Meningkatkan dan memajukan hasil pertanian, peternakan, pertanian, kehutanan, dan lain lain.
j. UNDP (United Nations Development Program)
            organisasi PBB yang melakukan kegiatan dalam program pembangunan di negara-negara berkembang. Tujuan UNDP adalah untuk menitikberatkan pada upaya mengurangi kemiskinan, memberantas buta huruf, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong kerja sama teknologi, antara negara industri dan negara nonindustri.
k. UNIDO (United Nations Industrial Development Organization)
            organisasi pengembangan industri PBB didirikan dengan tujuan untuk pengembangan industry seperti pembukaan lapangan baru di bidang industri, perbaikan sistem industri yang masih ada, dan lain-lain.
l. APO (Asian Productivity Organization)
            Didirikan pada tahun 1961 dengan maksud: untuk meningkatkan peranan produktivitas dan pengembangan ekonomi, untuk meningkatkan usaha-usaha di bidang kegiatan tertentu khususnya pertanian dan perindustrian.
m. ADB (Asian Development Bank)
            didirikan dengan tujuan memberi pinjaman kepada negara-negara Asia yang membutuhkan bantuan ekonomi untuk membiayai pertumbuhan perekonomian dan pembangunan. Fungsi dan tujuan ADB adalah :
o Menyokong investasi modal pemerintah maupun swasta di wilayah Asia untuk tujuan-tujuan pembangunan
o Memanfaatkan SDA yang tersedia untuk membiayai pembangunan dengan memprioritaskan wilayah dan subwilayah Asia.
o Memberikan bantuan teknis untuk menyiapkan, membiayai, dan melaksanakan berbagai program dan proyek pembangunan.
n. CGI (Consulative Group on Indonesia)
            didirikan pada bulan Maret tahun 1992. CGI merupakan kelompok beberapa negara yang memberi bantuan kepada Indonesia sebagai pengganti IGGI tanpa Belanda di dalamnya.
o. APEC (Asia Pacific Economic Cooperation)
            kerja sama ekonomi Negara-negara di kawasan Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989 di Canberra, Australia atas prakarsa Perdana Menteri Australia Bob Hawke. Tujuan APEC adalah melakukan liberasisasi perdagangan dan investasi, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Negara-negara APEC adalah: Amerika Serikat, Kanada, Meksiko,Chili,Peru,Rusia,RRC,Jepang,Korea,Selatan,Taiwan, Hongkong, Australia,Selandia Baru,Papua Nugini, Indonesia, Malaysia,Thailand ,Filipina,Singapura,Brunei Darussalam,Vietnam.
p. OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries)
            organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi. Organisasi ini didirikan atas prakarsa Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela pada bulan September 1960. Markas besar OPEC terletak di Wina, Austria. Negara-negara anggota OPEC adalah: Arab Saudi,Irak,Iran,Kuwait,Venezuela,Aljazair,Gabon ,Indonesia,Libya ,Nigeria Persatuan Emirat, Arab, Qatar. Tujuan OPEC adalah :
o   Menghindari persaingan di antara negara-negara pengekspor minyak.
o   Mengatur pemasaran minyak bumi dan menetapkan harga bersama.
o   Mengusahakan pemenuhan kebutuhan dunia akan minyak bumi.
q. OECD (Organization for Economic Cooperation and Development)
            kerja sama ekonomi antarnegara berkembang, didirikan dengan maksud untuk memperjuangkan kestabilan ekonomi anggota-anggotanya dan membantu negara-negara berkembang.
r. AFTA (Asean Free Trade Area) atau Kawasan Perdagangan Bebas Asia Tenggara
            Kawasan perdagangan bebas ASEAN dibentuk pada waktu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN IV di Singapura tahun 1992. AFTA merupakan suatu kesepakatan antara Negara-negara ASEAN yang membentuk suatu kawasan perdagangan bebas, sehingga tidak ada hambatan tarif atau bea masuk maupun hambatan nontarif bagi Negara-negara ASEAN. Tujuan AFTA adalah :
1. Meningkatkan daya saing ekonomi kawasan ASEAN.
2. Menarik investasi dan meningkatkan perdagangan antar anggota ASEAN.
3. Menciptakan pasar regional bagi penduduk ASEAN.
s. EFTA (European Free Trade Association)
            Badan atau asosiasi perdagangan bebas Eropa ini bertujuan untuk bekerja sama dalam perdagangan dan pajak untuk barang-barang industri.
t. NAFTA (North American Free Trade Agreement)
            persetujuan perdagangan bebas Amerika Utara ini didirikan untuk memajukan dan meningkatkan perdagangan di kawasan Amerika Utara. Perjanjian perdagangan bebas tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan atau mengurangi hambatan-hambatan di bidang perdagangan, baik dalam bentuk hambatan tariff maupun nontarif.
u. IDB (Islamic Development Bank)
            Bank Pembangunan Islam ini didirikan pada tanggal 23 April 1975, dengan tugas utama untuk membantu negaranegara anggota, yaitu negara-negara Islam dalam meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi dan sosial. Iuran dan setonan anggota IDB dinyatakan dalam satuah ID (Islamic Dinar).
v. ASEM (Asia Europe Meeting)
            berdiri tahun 1996, oleh 25 negara. ASEM merupakan forum kerja sama negara Asia dan Eropa untuk memelihara perdamaian secara global, stabilitas, dan kemakmuran yang bertujuan untuk memajukan kegiatan perdagangan dan investasi lebih besar antara dua kawasan dengan melihat liberalisasi perdagangan dan investasi serta fasilitasi di antara negara anggota.
W .IGGI (Inter Governmental Group on Indonesia )    
            organisasi pemberi bantuan kredit untuk pembangunan kepada Indonesia yang anggotanya terdiri atas negara-negara dan lembaga-lembaga internasional. IGGI didirikan pada tahun 1967, secara rutin mengadakan pertemuan membahas perkembangan ekonomi Indonesia dan membicarakan jumlah bantuan yang akan diberikan kepada Indonesia.
x. UNICEF (United Nations Internasional Children’s Emergency Fund)
            didirikan pada tahun 1946 dan berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Organisasi ini melakukan kegiatan dalam bidang kemanusiaan dan kesejahteraan anak. Tujuan UNICEF adalah :
o   Melakukan kegiatan di bidang kesehatan, gizi, kesejahteraan anak, keluarga, dan pendidikan.
o   Memberikan bantuan dalam bentuk bahan makanan dan onat-obatan.
Y. WHO (World Health Organization)
            WHO adalah organisasi internasional yang bergerak di bidang kesehatan. Tujuan WHO adalah untuk mencapai kesehatan maksimal bagi umat manusia sedunia.
KERJASAMA REGIONAL
a. ASEAN
            Untuk menjalankan tugasnya, ASEAN membentuk komite sebagai berikut:
1). Komite Bahan Makanan, Pertanian, dan Kehutanan (Committee on Food Agricultural and Forest, disingkat CFAF) yang berkedudukan di Indonesia.
2). Komite Perdagangan dan Pariwisata (Committee on Trade and Tourism, disingkat COTT) yang berkedudukan di Singapura.
3). Komite Keuangan dan Perbankan (Committee on Finance and Banking, disingkat COFB) yang berkedudukan di Thailand.
4). Komite Industri, Perdagangan, dan Energi (Committee on Industry, Mining and Energy, disingkat COIME) yang berkedudukan di Philipina.
5). Komite Transportasi dan Komunikasi (Committee on Transportation and Communication,disingkat COTAC) yang berkedudukan di Malaysia.
6). Komite Kebudayaan dan Informasi (Committee on Cultural and Information/COCI). Singapura
b.European Economic Community (EEC)/ MEE( Masy Ekonomi Eropa)
            organisasi negara-negara Eropa yang didirikan pada tanggal 1 Januari 1958 berdasarkan Perjanjian Roma, Italia. negara yang menjadi anggota MEE : 1. Belanda 2. Jerman 3. Belgia 4. Denmark 5. Luxemburg 6. Prancis 7. Inggris 8. Yunani 9. Irlandia 10.Italia. Tujuan EEC atau MEE adalah menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antar negara anggota Eropa Barat. MEE juga menjalin kerja sama di bidang perdagangan dengan negara-negara ASEAN
c.Asian Pasific Economic Cooperation (APEC)
            dibentuk di Canbera, Australia ,1989. APEC merupakan kerjasama ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Tujuan APEC adalah membentuk kerja sama perdagangan, investasi, pariwisata, dan peningkatan SDM yang saling menguntungkan. APEC ingin membentuk perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik. Anggota :
1. Dari Benua Amerika adalah: Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Chili.
2. Dari Benua Asia adalah: China,Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, dan Rusia.
3. Dari Benua Australia adalah: Australia Selandia Baru, dan Papua Nugini.
4. Dari ASEAN adalah: Indonesia, Malaysia,Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam.
KERJASAMA INTERNASIONAL
a. Organization Petrolium Exporting Countries (OPEC)
            OPEC didirikan di Caracas, Venezuela oleh lima negara pengekspor minyak yaitu Saudi Arabia, Kuwait, Iran, Irak, dan Venezuela tahun 1960. Anggota OPEC : Saudi Arabia,Kuwait,Iran,Irak,Venezuela, Libya, Indonesia, Nigeria, Aljazair, Gabon, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Ecuador. Tujuan OPEC :
1. Memenuhi kebutuhan minyak dunia dgn slg menguntungkan.
2. Mengatur pemasaran minyak shg tidak terjadi perang harga sesama anggota
3. Menentukan jumlah produksi minyak dunia
b.(International Monetary Fund (IMF)
            IMF berdiri tanggal 27 September 1945 tujuan utamanya membantu negara yg mengalami defisit neraca pembayaran. tujuan IMF :
1) membantu negara yg mengalami defisit neraca pembayaran
2) Memperluas perdagangan internasional kesempatan kerja meningkatkan pendapatan riil negara anggota.
3) Memperluas kerja sama di bidang moneter
c.Food Agriculture Organization (FAO)/Organisasi Pangan dan Pertanian.
            Berdiri16 Oktober 1945 berkedudukan di Roma, Italia. Tujuan : meningkatkan kuantitas dan kualitas persediaan pangan dunia
d.International Labor Organization (ILO)/organisasi buruh internasional.
            Berdiri 11 April 1919 Berkedudukan di Jeneva, Swiss. Tujuan :memperjuangkan keadilan dan perbaikan nasib buruh beserta keluarganya.
e.International Bank for Reconstruction and Development(IBRD)/ Bank Dunia
            berdiri 27 Desember 1945 di Washington DC. Indonesia masuk IBRD th 1954. Tujuan :memberikan kredit jangka panjang kepada negara yang sedang berkembang.
f. United Nations Industrial Development Organization (UNIDO)/organisasi pembangunan industri PBB.
            Berdiri pada 24 Juli 1967 dan berkedudukan di Wina, Austria. Tujuan :untuk memajukan industri di negara berkembang
g.General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)
            Berdiri 1948 di Jeneva. GATT merupakan perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan.  Tujuan menghilangkan hambatan di bidang perdagangan, dan menghendaki terwujudnya perdagangan bebas di seluruh dunia. GATT diubah menjadi WTO (World Trade Organization). Tugas dan fungsi WTO :menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan perdagangan bebas dunia yang akan mulai diberlakukan di seluruh dunia tahun 2020.
KERJASAMA BILATERAL
oPabrik pupuk urea di Indonesia dan Malaysia.
oPabrik superfosfat di Filipina.
oPabrik abu soda di Thailand.
oPabrik mesin diesel di Singapura.
a. Kerja Sama Indonesia dengan Singapura
1) Kerja sama pengembangan Pulau Batam dan Kepulauan Riau dalam rangka mendukung industri di Singapura.
2) Kesepahaman antara Politeknik Batam dan Nanyang Polytechnic. Pada intinya kedua pihak sepakat untuk mengembangkan kerja sama teknik berupa pertukaran staf pengajar dan siswa.
3) Latihan perang bersama antara angkatan bersenjata Singapura dan TNI di wilayah Indonesia.
b. Kerja Sama Indonesia dengan Brunei Darussalam
1) Mulai membuka hubungan diplomatik Rl – Brunei Darussalam yang dibuka resmi pada tanggal 1 Januari 1984 dan kedua pihak menempatkan wakilnya yang berkedudukan di ibu kota masing-masing pada tingkat kedutaan besar.
2) Pembelian pesawat-pesawat IPTN dan kesediaan Brunei mendanai proyek-proyek gedung. Kerja sama selatanselatan GNB di Jakarta.
3) RRI dan RTB pada tahun 1995 mulai mengadakan kerja sama acara “Siaran Titian Muhibah” dan program “Berbalas Pantun” serta kerja sama pertukaran kunjungan staf penerangan untuk saling bertukar pengalaman di bidang metode dan keterampilan di bidang penerangan.
c. Kerja Sama Indonesia dengan Malaysia
1) Pembentuk komisi bersama RI-Malaysia bagi kerja sama bilateral pada 20 Juli 1991.
2) Pertukaran juru penerangan, Kelompencapir, dan Titian Muhibah.
3) Penyelesaian masalah TKI yang bekerja di Malaysia.
d. Kerja Sama Indonesia dengan Thailand
1) Terjalin hubungan baik antara kedua negara dengan bukti adanya kunjungan para pemimpin kedua negara.
2) Kerja sama bidang pertanian.
3) Kerja sama bidang pariwisata.



NAMA   :  RENITA ALDEA MERDEKA ARIANA
KELAS   :  XI IPA 4
ABSENT :  18
 

12 komentar:

Kritik dan saran yang bersifat membangun akan saya terima dengan hati terbuka :*

Free R Blackadder Cursors at www.totallyfreecursors.com